Monday, March 11, 2013

Polisi Temukan Aliran Dana Haram ke Hercules


JAKARTA - Polda Metro Jaya menjerat Hercules dengan pasal berlapis. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan, Hercules dikenakan pasal pemerasan, penghasutan, penyerangan terhadap anggota dan kepemilikan senjata api serta senjata tajam.

"Hercules dan 50 tersangka dikenakan pasal berbeda-beda. Untuk Hercules dikenakan Pasal 160 KUHP tentang penghasutan, Pasal 214 KUHP tentang melawan petugas, 368 KUHP tentang pemerasan dan UU Darurat Pasal 2," kata Rikwanto di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (11/3/2013), 

Dia menambahkan, terhadap anak buah Hercules, dikenakan pasal yang berbeda. Kebanyakan dari 49 anak buah Hercules yang ditangkap, dikenakan Pasal 170 KUHP tentang penyerangan secara bersama-sama terhadap barang. 

"Untuk anggotanya ada yang 170 KUHP terhadap barang dan UU Darurat tentang kepemilikan senjata api dan senjata tajam," ujarnya.

Dia juga menjelaskan, sejumlah bukti dikantongi polisi terkait adanya pemerasan yang diduga dilakukan Hercules. "Usai penangkapan ini, kita menerima banyak laporan pemerasan yang terjadi. Serta kita menemukan adanya sejumlah uang yang mengalir ke Hercules," ujar Rikwanto.

Rikwanto menambahkan, tidak menutup kemungkinan, laporan pemerasan yang dilakukan oleh Hercules ini akan bertambah. Kepada masyarakat, lanjut Rikwanto, yang pernah menjadi korban pemerasan Hercules agar melapor ke Polisi. "Tidak menutup kemungkinan bisa bertambah, kita masih menerima laporan lainnya," kata dia.

Rikwanto menjabarkan, Hercules beserta anak buahnya ditangkap lantaran perbuatan mereka yang melanggar hukum. Hercules beserta 49 anak buahnya ditangkap di Kompleks Pertokoan Rich Place, Jalan Meruya Ilir, Srengseng, Kembangan, Jumat (8/3/2013).

Awalnya, aparat mendapatkan laporan adanya pemerasan di lokasi kejadian. 30 orang personel dari Polres Jakarta Barat dikirim ke lokasi dan melakukan apel siaga di lokasi. Namun, dalam apel tersebut kelompok Hercules terkesan menganggu. 

Kemudian, suasana makin tidak kondusif dan 50 anggota dari Polda Metro Jaya diturunkan ke lokasi untuk penangkapan.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls